PENGARUH DIMENSI KEEFEKTIFAN LAYANAN DAN KETEPATAN WAKTU SERTA FOKUS PADA PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN IMPLIKASINYA PADA CITRA PUSKESMAS (Suatu Survei Pada Pasien BPJS di Puskesmas Dago Kota Bandung)

AYULIA ARDIANI, NPM: 198020140 (2021) PENGARUH DIMENSI KEEFEKTIFAN LAYANAN DAN KETEPATAN WAKTU SERTA FOKUS PADA PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN IMPLIKASINYA PADA CITRA PUSKESMAS (Suatu Survei Pada Pasien BPJS di Puskesmas Dago Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
2. ARTIKEL TESIS AYULIA ARDIANI-NPM 198020140 - Copy.docx

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai “Pengaruh Dimensi Keefektifan Layanan dan Ketepatan Waktu serta Fokus Pada Pelanggan terhadap Kepuasan Pasien dan Implikasinya Pada Citra Puskesmas (Suatu Survei Pada Pasien BPJS di Puskesmas Dago Kota Bandung)”. Hasil penelitian ini diharapakan dapat meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan pasien dan citra Puskesmas Dago Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling (Non-probability sampling) dengan sampel sebanyak 100 pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis verifikatif yang digunakan yaitu analisis jalur (Path Analysis). Pengumpulan data dilakukan bulan November 2020-April 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum persepsi pasien-pasien BPJS di Puskesmas Dago Kota Bandung tentang keefektifan layanan, ketepatan waktu, fokus pada pelanggan serta kepuasan pasien dan citra Puskesmas di interpretasikan dalam kriteria sangat baik. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan. Kualitas Pelayanan (Keefektifan Layanan, Ketepatan Waktu dan Fokus pada Pelanggan) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Dago Kota Bandung dengan pengaruh sebesar 58,8%. Kepuasan Pasien berpengaruh signifikan terhadap Citra Puskesmas Dago Kota Bandung dengan pengaruh sebesar 44,3%. Kata kunci : Keefektifan Layanan, Ketepatan Waktu, Fokus Pada Pelanggan, Kepuasan Pasien, Citra Puskesmas.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:20
Last Modified: 08 Apr 2021 04:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51642

Actions (login required)

View Item View Item