PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN

RESTU KHAERUNISSA, NPM 105060217 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1) Cover.docx

Download (37kB)
[img] Text
2) Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
3) Motto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Pernyataan Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
4) SUDAH NYUSUN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini mengenai penerapan model Problem Based learning dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kibodas dengan mengambil subjek penelitian yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based learning dan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep IPA pada pembelajaran tema indahnya kebersamaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Adapun perolehan nilai peserta didik pada tes formatif yang menunjukkan pemahman peserta didik terhadap konsep IPA menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata nilai peserta didik sebesar 3,02 dengan jumlah persentase peserta didik tuntas mencapai 67,85%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 3,48 dengan jumlah persentase peserta didik yang dinyatakan tuntas mencapai 92,85%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based learning pada pembelajaran tema indahnya kebersamaan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep IPA. Kata kunci:, Problem Based learning, pemahaman konsep, IPA, dan tema Indahnya Kebersamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jun 2016 09:30
Last Modified: 11 Aug 2016 15:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item