PENGARUH IKLIM KELAS DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Parongpong)

SITI RAHMA MAULIDINA, 165020042 (2021) PENGARUH IKLIM KELAS DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Parongpong). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Siti Rahma.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya penciptaan iklim kelas saat pembelajaran daring pada pembelajaran Ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) Bagaimana iklim kelas pada mata pelajaran ekonomi di masa pandemi covid-19 di Kelas XI di SMA Negeri 1 Parongpong, (ii) Bagaimana Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di masa pandemi covid-19 di kelas XI di SMA Negeri 1 Parongpong, (iii) adakah pengaruh iklim kelas daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 1 Parongpong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survey dengan melibatkan 57 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 4 kelas yaitu siswa kelas XI - IIS di SMA Negeri 1 Parngpong. Hasil penelitian menunjukan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai (i) Iklim kelas daring sebesar 4,028 dengan presentase 80,60% dengan kategori “sangat baik”. (ii) Motivasi belajar siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Parongpong pada mata pelajaran ekonomi sebesar 3,95 dengan presentase sebesar 79,30% dengan kategori “baik”. Berdasarkan analisis data melalui perhitungan koefesien determinasi, diperoleh hasil penelitian Besar kontribusi yang diberikan oleh iklim kelas daring dilihat dari R Square sebesar 0,532. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh Iklim Kelas Daring sebesar 53,2% terhadap Motivasi Belajar Siswa. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni (i) bagi siswa, Baiknya siswa bersemangat serta bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan, (ii) bagi guru, sebaiknya mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, serta mampu menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan bagi siswa agar siswa tidak jenuh dalam belajar, serta guru baiknya memiliki hubungan yang baik dengan siswa lainnya, (iii) bagi sekolah lebih meningkatkan kedisiplinan serta situasi maupun kondisi fasilitas belajar yang kondusif dan nyaman untuk seluruh warga sekolah, (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti faktor tambahan yang mungkin dapat mempengaruhi hasil pada penelitian ini, sehingga dapat menambah lagi pengetahuan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Iklim Kelas Daring, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Mar 2021 04:54
Last Modified: 06 Mar 2021 04:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50976

Actions (login required)

View Item View Item