IRMA NURSOLIHAH, 135030102 (2021) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KUNJUNG KARYA PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN RANCAEKEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
2 KATA PENGANTAR dan ABSTAK.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I baru.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II baru.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BAB III BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
||
Text
BAB IV BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Baru.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan suatu kegiatan untuk menuangkan gagasan-gagasan dari pikiran yang disajikan dalam bentuk sebuah tulisan. Peneliti tertarik mealakukan penlitin mengenai “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Cerita Fantasi di kelas VII SMP Pasundan Rancaekek Tahun Pelajaran 2018/2019”. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah struktur kebahasaan cerita fantasi dengan menggunakan metode Kunjung Karya pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan Rancaekek. Dalam perencanaan pembelajaran peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,84 dan dalam pelaksanaan pembelajaran peneliti mendapat nilai 3,96; 2) Peserta didik kelas VII SMP Pasundan Rancaekek mampu menelaah struktur kebahasaan cerita fantasi.Hal ini dibuktikan dari selisih nilai rata-rata pretes sebesar 43,6 dan niai postes sebesar 83,4. Selisih dari kedua nilai tersebut sebesar 39,8; 3) Perbedaan tersebut diperoleh dari hasil uji Paired Sample T Test rata-rata yang diapatkan dari nilai pretes dan postes kelas ekspermen; 4) Model Kunjung Karya efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktu kebahasaan cerita fantasi. (2-tailed) < 0,05, maka hipotesis diterima,sedangkan nilai Asymp.Sig.(2- tailed) > 0,05,maka hipotesis ditolak, sedangkan sig hasil dari penulis teliti adalah 0,099 maka hipotesis diterima; 5) Perbedaan keefektifan metode Kunjung Karya dan model Complete Sentence pada pembelajaran menelaah struktur kebahasaan cerita fantasi. Perhitungan N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain-score untuk kelas eksperimen (metode Kunjung Karya) sebesar 83,4 kategori cukup efektif. Kata Kunci: Pembelajaran, Menlaah, Struktur dan Kebahasaan, Cerita Fantasi, Metode Kunjung Karya
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 03:39 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 03:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50940 |
Actions (login required)
View Item |