Penerapan Model Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar

Nono Sujana, NPM. 188060031 (2021) Penerapan Model Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal PJME-NONO SUJANA_MPM.docx

Download (86kB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematika, pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. Metode penelitian ini adalah menggunakan mix method tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sumedang Kabupaten Sumedang, yaitu X-TPM1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-TPM2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematika, pemecahan masalah, angket kemandirian belajar, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan TAI dapat meningkatkan kemampuan kominikasi matematika; Ada perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika dari siswa yang mendapat pembelajaran TAI dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah dari siswa yang mendapat pembelajaran TAI dengan siswa yang medapat pembelajaran konvensional; Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematika dan kemandirian belajar dari siswa yang mendapat pembelajaran TAI; Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar dari siswa yang mendapat pembelajaran TAI; Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah dari siswa yang mendapat pembelajaran TAI; Terdapat perbedaan rata-rata hasil angket kemandirian belajar siswa yang mendapat pembelajaran TAI dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Komunikasi Matematika, Pemecahan Masalah, dan Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:12
Last Modified: 01 Mar 2021 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50926

Actions (login required)

View Item View Item