PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP KINERJA GURU TETAP SMA SWASTA DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

Asmawati Asharie, NPM.169010039 (2021) PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP KINERJA GURU TETAP SMA SWASTA DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Asmawati Asharie_DIM.docx

Download (67kB)

Abstract

Daya saing bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan saat ini masih berada dalam kondisi yang belum optimal. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan data Education Index yang telah dirilis oleh Asean Human Resources development. Dimana tingkat kualitas pendidikan Indonesia saat ini masih berada pada peringkat ke tujuh dari seluruh negara di ASEAN. Provinsi sumatera selatan sebagai salah satu tujuan investasi di Indonesia dengan geliat pertumbuhan ekonomi yang tinggi pada beberapa periode kebelakang juga tidak terlepas dari permasalahan tersebut. Tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan, selain menjadi tugas pemerintah juga dapat diakselerasi oleh peran serta pihak swasta sebagai penyelenggara pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan tentunya harus diawali oleh optimalisasi kinerja guru sebagai ujung tombak dari keseluruhan sistem pendidikan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh dari kompetensi dan komitmen afektif terhadap kinerja guru SMA swasta di provinsi sumatera selatan dengan menggunakan proporsional sampling wilayah sebanyak 4 kabupaten/kota dan 193 orang guru sebagai responden. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif untuk menjawab rumusan masalah yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi variabel kompetensi, komitmen afektif dan kinerja guru secara rata-rata berada dalam kondisi cukup baik dengan rentang penilaian kurang baik sampai dengan baik. Selanjutnya kompetensi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial sebesar 36,1% sedangkan komitmen afektif berpengaruh positif dan signifikan secara parsial sebesar 34%. Kedua variabel tersebut kemudian berpengaruh positif dan signifikan secara simultan sebesar 70,1%. Hal tersebut dapat berarti bahwa terdapat pengaruh sebesar 29,9% yang berasal dari variabel lain yang tidak digunakan dalam model penelitian. Kata Kunci: Kompetensi, Komitmen Afektif, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:41
Last Modified: 24 Feb 2021 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50893

Actions (login required)

View Item View Item