FIKA UNIROSATI, 165030061 (2021) ANALISIS UNSUR KREATIVITAS DALAM PENOKOHAN TEKS DRAMA “BULAN DAN KERUPUK” KARYA YUSEF MULDIYANA SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER-CD.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK-CD.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-CD.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II-CD.pdf Download (916kB) | Preview |
|
Text
BAB III-CD.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
Text
BAB IV-CD.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V-CD.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-CD.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Drama merupakan karya seni yang dapat dipentaskan yang ada di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA. Salah satu penunjang dalam proses pembelajaran adalah bahan ajar. Setiap materi pembelajaran di dukung oleh bahasa yang baik dan benar di dalamnya. Drama yang akan di analsisi yaitu drama “Bulan dan Kerupuk” Karya Yusef Muldiyana. Penelitian ini yang berjudul “Analisis Unsur Kreativitas dalam Penokohan Teks Drama “Bulan dan Kerupuk” Karya Yusef Muldiyana sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Kelas XI” bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ketepatan unsur kreativitas dalam penokohan teks drama “Bulan dan kerupuk” Karya Yusef muldiyana dengan bahan ajar dan tuntunan Kurikulum. Metode penelitian ini menggunakan pendeketakan kualitatif. Jenis pendekatan kualitatif yang digunakan bersifat deskriptif kualitati, yaitu menggambarkan situasi, fenomnea, ataupun informasi yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat. Sumber penelitian yang dipakai yaitu sumber primer dan sumber sekunder dengan menggunakan teks drama “Bulan dan Kerupuk” Karya Yusef Muldiyana dan pendapat para ahli yang berkaitan dengan penelitian. prosedur pengumpulan data melalui telaah pustaka, dokumentasi, dan analisis. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) dari 12 tokoh dalam teks drama “Bulan dan Kerupuk” karya Yusef Muldiyana terdapat 5 tokoh yang tepat dan 7 tokoh yang tidak tepat. Terdapat 2 tokoh yang memperoleh kesuaian unsur kreativitas dengan persentase tertinggi 100%, 1 tokoh memperoleh persentase 66%, 2 tokoh memperoleh persentase 60%, dan 7 tokoh memperoleh persentase dibawah 50% persentase. (2) modul bahan ajar yang dibuat penulis sudah dinilai oleh 2 validator dengan persentase 92% dan persentase 97%. (3) hasil analisis dalam unsur penokohan teks drama “Bulan dan Kerupuk” Karya Yusef Muldiyana sudah sesuai dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar dengan persentase 90% persentase. Kata Kunci: Analisis, teks drama, bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 04:41 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 04:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50828 |
Actions (login required)
View Item |