PEMBELAJARAN MENULIS PUISI YANG BERFOKUS PADA EMPAT UNSUR PEMBANGUN PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA YPIA CIKERIS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MOCHAMAD RIZKI ALVIAN, 165030005 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI YANG BERFOKUS PADA EMPAT UNSUR PEMBANGUN PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA YPIA CIKERIS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. RINGKESAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian pembelajaran menulis puisi ini berawal dari masalah yang mengungkapkan bahwa peserta didik sulit untuk mengungkapkan ide atau gagasan secara tertulis dalam sebuah teks yang berbentuk puisi, peserta didik belum mampu menulis puisi sesuai dengan unsur pembangunnya, pembelajaran menulis kurang mencapai hasil yang maksimal baik dari segi minat dan hasil dari proses pembelajaran yang diterapkan, dan pendidik kurang menggunakan metode yang bervariatif sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian penulis dilakukan untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis puisi, mengetahui perbedaan dari hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menulis puisi yang berfokus pada diksi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, mengetahui perbedaan peningkatan antara kelas kontrol dan eksperimen setelah dilakukan pembelajaran, dan mengetahui keefektifan metode explicit instruction terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik di kelas eksperimen pembelajaran menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan teknik studi pustaka, teknik observasi, dan teknik tes, dan analisis data. Hasil penelitian yang didapatkan penulis yaitu sebagai berikut: (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi yang berfokus pada empat unsur pembangun puisi dengan menggunakan metode explicit instruction (2) peserta didik mendapatkan nilai rata-rata prates yang terbilang rendah pada kelas eksperimen yaitu 63,3 dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata prates 58,1 (3) peserta didik mengalami peningkatan. Sebagaimana hasil peningkatan yang tersaji dalam rekapitulasi data dan uji hipotesis, hasil nilai rata-rata pada pascates kelas kontrol yaitu 70,5 dan pascates pada kelas eksperimen memiliki nilai ratarata sebesar 89,6 (4) metode explicit instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi yang berfokus pada empat unsur puisi pada kelas X MA YPIA Cikeris. Hal itu dapat dibuktikan dengan uji statistik, diketahui Sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti Ha diterima dan menunjukkan metode explicit instruction efektif digunakan. Metode yang digunakan ini pun sangat disarankan terutama dalam pembelajaran menulis. Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Menulis, Teks Puisi, Empat Unsur Pembangun Puisi, Metode Explicit Instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:18
Last Modified: 22 Jan 2021 04:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50289

Actions (login required)

View Item View Item