PERANAN PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK LANJUT USIA (Studi Deskriptif Di Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Regol Kota Bandung)

Nurrifki Novaramdhani, 165010042 (2020) PERANAN PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK LANJUT USIA (Studi Deskriptif Di Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Regol Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya masyarakat lanjut usia yang tidak berpartisipasi dalam menyalurkan hak pilihnya dengan berbagai macam hamabatan, kemudian peneliti mengetahui adanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan ingin mengetahui bagaimana peranannya terhadap permasalahan pada masyarakat lanjut usia tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan yang dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam meningkatakan partisipasi politik lanjut usia di Kelurahan Cisereuh Kabupaten Regol Kota Bandung. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah, yaitu bagaimana perseps terhadap menurunnya partisipasi politik, bagaimana hambatan yang dialami, serta bagaimana upaya yang dilakukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam meningkatakan partisipasi politik pada masyarakat lanjut usia di Kelurahan Cisereuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap subjek penelitian diantaranya satu orang anggota DPRD Fraksi PKS, Anggota PKS DPC Bandung, dan sepuluh masyarakat lanjut usia di Kelurahan Cisereuh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi Partai PKS sudah mengetahui dan akan mengira memang menurun dan memahami mengapa hal demikian dapat terjadi. (2) Hambatan yang dialami lanjut usia yang terjadi adalah karena memiliki keterbatasan fisik dan kesehatan sehingga tidak bisanya berpartisipasi dan tidak merasa terlalu banyak calon dalam pemilihan. (3) Upaya yang dilakukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam hambatan tersebut adalah dengan cara memberikan pembinaan kepada anggota terdaftar yang terjun langsung bahkan tinggal di tengah masyarakat agar sekaligus menerapkan pendidikan politik ke tengah masyarakat. Kata Kunci: Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partisipasi Politik, Lanjut Usia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Dec 2020 08:13
Last Modified: 29 Dec 2020 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50192

Actions (login required)

View Item View Item