PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS M-LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN KETANGGUHAN BELAJAR

Neng Westi Okti Megawati, NPM : 188060056 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS M-LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN KETANGGUHAN BELAJAR. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Westi Okti.docx

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan bahan ajar matematika berbasis m-learning pada materi transformasi geometri, (2) Menganalisis kemampuan berpikir reflektif setelah menggunakan bahan ajar berbasis m-learning , (3) Menganalisis ketangguhan belajar setelah menggunakan bahan ajar berbasis m-learning, (4) Menganalisis korelasi antara berpikir reflektif dengan ketangguhan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D yang melibatkan 32 siswa kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung dengan mengadaptasi model PLOMP. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan reflektif matematis. Hasil dari pengembangan ini menunjukan bahwa: (1) Bahan ajar berbasis m-learning pada materi transformasi geomerti termasuk kedalam kategori sangat layak dari penilaian validasi ahli dan respon siswa, (2) Kemampuan berpikir reflektif yang menggunakan bahan ajar berbasis m-learning termasuk dalam kriteria sedang atau cukup reflektif; (3) Ketangguhan belajar yang menggunakan bahan ajar berbasis m-learning berada pada kategori sedang dan positif, (4) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir reflektif dengan ketangguhan belajar. Kata Kunci : m-learning, berpikir reflektif, ketangguhan belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:00
Last Modified: 23 Dec 2020 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50182

Actions (login required)

View Item View Item