Hani Noerafifah, 165060057 (2020) ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN(1).pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai: 1) Konsep model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar; 2) Strategi model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar; 3) Hubungan kerja sama siswa Sekolah Dasar dengan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka atau studi literatur (Library Research). Sumber data yang digunakan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber jurnal, buku, skripsi, dan lain-lain yang sebelumya telah melakukan penelitian mengenai model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis dari berbagai jurnal yang menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) terbukti bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning terdapat peningkatan dari setiap siklusnya dari siklus I sampai siklus II dengan rata-rata sebesar 20%-30%. Sedangkan pada analisis berdasarkan jurnal yang menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen terbukti bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning terdapat pengaruh dengan rata-rata hasil kelas eksperimen 85,5 > kelas kontrol 78,5. Maka dari itu, dengan menggunakan model Project Based Learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar. Karena, model Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang memberi kebebasan siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan dengan proses penyelidikan, pengumpulan informasi untuk menyelesaikan suatu pengerjaan proyek yang dilakukan secara kolaboratif atau kerja sama dan mampu menghasilkan suatu produk yang bermanfaat. Kata Kunci : Kerja Sama, Model Project Based Learning, Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 07:13 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 07:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50127 |
Actions (login required)
View Item |