PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KOMITMEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DI SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU (SPKT) POLSEK SE BANDUNG RAYA (Studi Di Polrestabes Bandung, Polresta Cimahi Dan Polres Bandung) THE EFFECT OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP, ORGANIZATIONAL CULTURE AND WORK DISCIPLINE COMMITMENTS AND ITS IMPLICATIONS PERFORMANCE ON SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU (SPKT) POLSEK SE BANDUNG RAYA (Study at Polrestabes Bandung, Polresta Cimahi Dan Polres Bandung)

Suwardi, NPM : 169010044 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KOMITMEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DI SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU (SPKT) POLSEK SE BANDUNG RAYA (Studi Di Polrestabes Bandung, Polresta Cimahi Dan Polres Bandung) THE EFFECT OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP, ORGANIZATIONAL CULTURE AND WORK DISCIPLINE COMMITMENTS AND ITS IMPLICATIONS PERFORMANCE ON SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU (SPKT) POLSEK SE BANDUNG RAYA (Study at Polrestabes Bandung, Polresta Cimahi Dan Polres Bandung). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Suwardi.docx

Download (127kB)

Abstract

Polri dituntut melakukan reformasi internal dan melakukan perubahan secara fundamental dibidang instrumental, struktural dan kultural. Saat ini intitusi Polri sedang melaksanakan Reformasi Birokrasi Polri yang berpedoman kepada Undang Undang Nomor 17 tahun 2007, tentang rencana pembangunan jangka panjang Nasional periode tahun 2005–2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa dan bagaimana kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap komitmen serta implikasinya pada kinerja di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Se Bandung Raya (Studi di Polrestabes Bandung, Polres Bandung Dan Polresta Cimahi). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Hasil yang didapat secara keseluruhan pada SPKT Polsek Se Bandung Raya berada pada rentang cukup menunju baik berdasarkan hasil penilaian. Pengaruh langsung variabel Kepemimpinan transformasional terhadap Komitmen adalah sebesar 5,06% sedangkan pengaruh tidak langsungnya melalui Budaya Organisasi sebesar 3,09% dan pengaruh tidak langsungnya melalui Disiplin Kerja sebesar 6,63%. Pengaruh langsung variabel Budaya Organisasi terhadap Komitmen adalah sebesar 11,32% sedangkan pengaruh tidak langsungnya melalui Kepemimpinan transformasional sebesar 3,09% dan pengaruh tidak langsungnya melalui Disiplin Kerja sebesar 6,39%. Pengaruh langsung variabel Disiplin Kerja terhadap Komitmen adalah sebesar 34,69% sedangkan pengaruh tidak langsungnya melalui Kepemimpinan transformasional sebesar 6,63% dan pengaruh tidak langsungnya melalui Budaya Organisasi sebesar 6,39%. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap komitmen dan disiplin kerja berpengaruh terhadap komitmen sehingga setiap kenaikan disiplin kerja maka akan meningkatkan komitmen. Variabel komitmen dipengaruhi secara positif oleh variabel kinerja. Ini berarti jika Komitmen meningkat maka Kinerja akan meningkat setiap peningkatan dari Komitmen akan memberikan derajat kontribusi terhadap peningkatan Kinerja. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja Terhadap Komitmen, Kinerja dan SPKT.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:39
Last Modified: 07 Dec 2020 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50113

Actions (login required)

View Item View Item