Kreasi Nilai Dan Strategi Bersaing Berbasis Daya Tarik Pasar Dan Keunikan Sumber Daya Serta Implikasinya pada Kinerja Pemasaran BPR Di Jawa Value Creation and Competitive Strategy based on Market Attractiveness and Uniqueness of Resources and its implications on BPR Marketing Performance In Java

Suherman Sapri, NPM : 169010053 (2020) Kreasi Nilai Dan Strategi Bersaing Berbasis Daya Tarik Pasar Dan Keunikan Sumber Daya Serta Implikasinya pada Kinerja Pemasaran BPR Di Jawa Value Creation and Competitive Strategy based on Market Attractiveness and Uniqueness of Resources and its implications on BPR Marketing Performance In Java. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Suherman Sapri.docx

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Kreasi Nilai Dan Strategi Bersaing Berbasis Daya Tarik Pasar Dan Keunikan Sumber Daya Serta Implikasinya pada Kinerja Pemasaran BPR Di Jawa Studi ini menggunakan metode descriptive-explanatory survey dengan pendekatan kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antar variabel. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer antar Bank Perkreditan Rakyat di Jawa yang dikumpulkan melalui kuesioner sebanyak 200 responden. Analisis deskriptif dilakukan dengan melakukan tabulasi data untuk penetapan kategori nilai rata-rata, untuk analisis verifikatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan pengolahan data Lisrel. Kelayakan model diuji dilakukan melalui kriteria kesesuaian dengan logika teori, keakuratan estimasi parameter, dan kemampuan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari daya tarik pasar dan keunikan sumber daya terhadap kreasi nilai dan strategi bersaing, demikian pula dari kreasi nilai dan strategi bersaing terhadap kinerja pemasaran. Kreasi nilai dan strategi bersaing memediasi pengaruh daya tarik pasar dan keunikan sumber daya terhadap kinerja pemasaran . Penelitian mengungkapkan bahwa kreasi nilai dan strategi bersaing lebih dipengaruhi oleh keunikan sumber daya daripada daya tarik pasar, sedangkan kinerja pemasaran lebih dipengaruhi oleh kreasi nilai daripada strategi bersaing dengan kata lain, total pengaruh keunikan sumber daya lebih besar dari pada daya tarik pasar terhadap kreasi nilai. Dan kreasi nilai lebih besar total pengaruhnya dari pada strategi bersaing terhadap kinerja pemasaran. Temuan penelitian ini dapat digunakan oleh manajemen BPR untuk meningkatkan benefit dari pengembangan daya tarik pasar dan keunikan sumber daya pada tujuan pencapaian kinerja pemasaran melalui penguatan kreasi nilai dan strategi bersaing. Kreasi Nilai memiliki nilai rata-rata 3,201 termasuk kategori Cukup Efektif, Strategi bersaing dengan nilai rata-rata 3,166, termasuk kategori Cukup Unggul, Daya Tarik Pasar dengan nilai rata-rata 3.141 kategori Cukup Menarik, Keunikan Sumber Daya memiliki nilai rata-rata 3,244, kategori Cukup Unik, dan Kinerja Pemasaran memiliki nilai rata-rata 3,200, kategori Cukup Tinggi. Daya Tarik Pasar dan Keunikan Sumber Daya berpengaruh terhadap kreasi nilai baik secara parsial maupun simultan. Daya Tarik Pasar dan Keunikan Sumber Daya berpengaruh terhadap Strategi Bersaing baik secara parsial maupun simultan. Dan Kreasi Nilai dan Strategi Bersaing berpengaruh terhadap kinerja Pemasaran baik secara parsial maupun simultan. Kata kunci: Kinerja Pemasaran, Kreasi Nilai, Strategi Bersaing, Daya Tarik Pasar, Keunikan Sumber Daya

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:50
Last Modified: 07 Dec 2020 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50112

Actions (login required)

View Item View Item