PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN–ENDED TERHADAP KOMPETENSI STRATEGIS DAN SELF–CONCEPT DI TINJAU DARI SOSIAL EKONOMI SISWA SMA

Yuliansyah Dinata, NPM : 158060044 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN–ENDED TERHADAP KOMPETENSI STRATEGIS DAN SELF–CONCEPT DI TINJAU DARI SOSIAL EKONOMI SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Yuliansyah Dinata.docx

Download (53kB)

Abstract

Salah satu prinsip pembelajaran matematika adalah siswa belajar matematika dengan pemahaman, secara aktif membangun pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang sudah dimilikinya. Matematika sendiri terdiri dari berbagai topic yang saling berkaitan satu sama lain. Salah satu upaya yang akan penulis kembangkan adalah pendekatan open-ended. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method (Metode Campuran) tipe Embedeed Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Rawamerta, sedangkan sampelnya adalah kelas X dan dipilih dua kelas secara acak. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah Kompetensi Strategis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan mendapatkan pendekatan open-ended lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan metode konvensional ; (2) Mengetahui self-concept siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan open–ended dan konvensional ditinjau dari sosial ekonomi ; (3) Mengetahui hubungan antara kompetensi strategis dan self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran open-ended dan konvesional. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) Kompetensi Strategis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan mendapatkan pendekatan open-ended lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional ; (2) self-concept siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan open–ended dan konvensional ditinjau dari sosial ekonomi lebih baik; (3) Adanya hubungan yang lebih baik antara kompetensi strategis dan self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran open-ended dan konvesional. Kata kunci: Metode open-ended, kemampuan strategis, Self-Concept, dan Social Eonomi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:06
Last Modified: 03 Dec 2020 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50107

Actions (login required)

View Item View Item