PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN CIVIC DISPOTITION DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA GENERASI Z (Studi Deskriptif di SMP Pasundan 4 Bandung)

Rima Yuliani, 165010036 (2020) PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN CIVIC DISPOTITION DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA GENERASI Z (Studi Deskriptif di SMP Pasundan 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI RIMA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Diskarakterisasi yang pada saat ini sangat mengkhawatirkan, dimana generasi Z yang dikenal dengan Generasi yang pudar pada nilai dan norma yang ada, dimana mereka hanya terpusat pada teknologi sehingga mengenyampingkan kehidupan sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Guru PPKn dalam menanamkan Civic Dispotition dengan Metode Contextual Teaching and Learning pada Generasi Z. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Faktor Penghambat dan Pendukung serta Evaluasi dalam menanamkan Civic Dispotition dengan Metode Contextual Teaching and Learning pada Generasi Z di Kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini adalah Guru PPKn SMP dan Peserta didik Kelas VIII A dan B SMP Pasundan 4 Bandung, Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan Guru PPKn dan perwakilan Peserta didik kelas VIII A dan B, serta angket yang dibagikan kepada peserta didik yang dijadikan sebagai data konkret dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Sudah tercapainya perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Guru PPKn Kelas VIII yang dikaitkan dengan menanamkan Civic Dispotition dengan metode Contextual Teaching and Learning. yaitu Susunan dan komponen dalam Perencanaan Pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. (2) Pelaksanaan dan penerapan Pendekatan Contextual teaching and Learning sudah mampu menanamkan Civic Dispotition pada Generasi Z kelas VIII di SMP Pasundan 4 Bandung ditandai dengan bertanggungjawab atas tugas, mampu mengemukakan pendapat, saling menghargai antar teman baik di luar ataupun di dalam lingkungan sekolah sehingga dapat dikatakan Peran Guru PPKn berhasil dalam menanamkan Civic Dispotition pada Generasi Z di kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung. Kata Kunci : Civic Dispotition, Metode Contextual Teaching and Learning, Generasi Z.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:09
Last Modified: 18 Nov 2020 04:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50034

Actions (login required)

View Item View Item