ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING (Tutor Sebaya) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ghina Nur Alifah, 165040020 (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING (Tutor Sebaya) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan ghina.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABTRACT.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penggunaan rasa berani untuk bertanya secara tepat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan yang diharapkan dalam proses belajar mengajar di kelas. Rasa berani untuk bertanya dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa, memusatkan perhatian peserta didik terhadap suatu pokok bahasan atau konsep, mendiagnosis kesulitan khusus yang menghambat siswa belajar, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengkritisi suatu informasi yang ia dapatkan, mendorong peserta didik mengemukakan pendapatnya dan mengukur hasil belajar peserta didik. Peserta didik yang tidak mempunyai rasa percaya diri akan takut bereksperimen, tidak kreatif, sehingga kemampuannya kurang berkembang dan dapat menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Bila tidak terjadi perubahan maka berlangsunglah perasaan tersebut sepanjang hidup peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis model pembelajaran peer tutoring untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah peneitian kualitatif dengan metode kajian pepustakaan (library research), sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder, teknik yang digunakan adalah dokumentasi, analisis data pada penelitian ini menggunakan deduktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran peer tutoring dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Karena, dengan menggunakan model pembelajaran tersebut siswa mempelajari kembali materi yang sedang dibahas, sehingga dapat memperkuat pemahaman materinya, model ini juga dapat menimbulkan rasa percaya diri siswa, dan membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Peer Tutoring, Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Takut Bertanya, Model Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:58
Last Modified: 18 Nov 2020 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50032

Actions (login required)

View Item View Item