PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM IMUN

Riska Nurapriliani Iskandar, 165040013 (2020) PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM IMUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN RISKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan E-learning sebagai komponen TPACK dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi system imun. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir intelektual individu yang dengan segaja menilai kualitas pemikirannya dan dan menggunakan pemikiran yang rasional. Subjek yang digunakan sebanyak 35 orang siswa dikelas XI MIPA 3 SMAN 12 Bandung. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Pre-Experimen dengan tipe design One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa beruapa soal pretest dan posttest sebanyak 25 butir soal, pretest dilakukan sebelum diterapkannya pembelajaran E-learning pada materi system imun sedangkan posttest dilakukan setelah diberikannya pembelajaran E-learning pada materi system imun, serta pengisian angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran E-learning. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 65,37 dengan nilai terendah yaitu 40 dan nilai tertinggi sebesar 80, dengan skor rata-rata posttest sebesar 81,94 nilai terendah yaitu 72 dan nilai tertinggi sebesar 92, serta hasil dari uji N-Gain didapatkan skor 0,45, sedangkan dari perolehan angket siswa didapatkan hasil bahwa pembelajaran menggunakan metode E-learning dikategorikan sangat kurang diminati siswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode E-learning pada komponen TPACK dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada peserta didik. Kata Kunci: E-learning, TPACK, Berpikir Kritis Peserta Didik, Sistem Imun.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:22
Last Modified: 18 Nov 2020 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50028

Actions (login required)

View Item View Item