PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KETANGGUHAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE QUANTUM LEARNING

Lami Agustini Jamiati, NPM : 178060041 (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KETANGGUHAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE QUANTUM LEARNING. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
artikel TESIS- LAMI AGUSTINI JAMIATI 178060041.docx

Download (128kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa berdasarkan ketangguhan belajar siswa kelas VIII SMP Nihayatul Amal Rawamerta melalui penerapan metode Quantum Learning pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini adalah penelitian mixed method tipe embedded design dan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB SMP Nihayatul Amal Rawamerta tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data meliputi tes kemampuan penalaran, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis, 2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model quantum learning lebih tinggi berdasarkan ketangguhan belajar (tinggi, sedang, rendah), 3) motivasi belajar siswa yang menggunakan metode quatum learning memiliki sikap lebih inggi, 4) motivasi siswa yang memperoleh metode quantum learning lebih tinggi berdasarkan ketangguhan belajar (tinggi, sedang, rendah), 5) adanya korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Quantum Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Motivasi Belajar, dan Ketangguhan Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Nov 2020 01:55
Last Modified: 13 Nov 2020 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49988

Actions (login required)

View Item View Item