ANALISIS PANDANGAN HIDUP DALAM BIOGRAFI PRAMOEDYA ANANTA TOER KARYA MUHAMMAD RIFAI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS X

NERA FUTRIANI, 165030028 (2020) ANALISIS PANDANGAN HIDUP DALAM BIOGRAFI PRAMOEDYA ANANTA TOER KARYA MUHAMMAD RIFAI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa Indonesia.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 pendahuluan.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 kajian teori.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
bab 3 metode penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
bab 4 analisis dan pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
bab 5 penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Biografi merupakan karya yang di dalamnya memuat perjalanan hidup seorang tokoh. Perjalanan yang dialami tak akan terlepas dari pandangan-pandangan saat peristiwa terjadi. Sehingga, Penulis melakukan penelitian untuk menganalisis pandangan hidup dalam biografi Pramoedya Ananta Toer serta penggunaannya sebagai alternatif bahan ajar kelas x. Penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pandangan hidup Pramoedya Ananta Toer tentang nasionalisme?; 2) Bagaimana pandangan hidup Pramoedya Ananta Toer tentang perempuan; 3) Bagaimana pandangan hidup Pramoedya Ananta Toer tentang religi?; 4) Bagaimana pandangan hidup Pramoedya Ananta Toer tentang demokrasi?; 5) Bagaimana pandangan hidup Pramoedya Ananta Toer tentang pluralisme; 6) Bagaimana pandangan hidup Pramoedya Ananta Toer tentang pendidikan; 7) Bagaimana relevansi penelitian ini terhadap alternatif bahan ajar di sekolah?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah biografi Pramoedya Ananta Toer karya Muhammad Rifai.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif-kualitatif yang diimplementasikan dalam penelitian ini meliputi: membaca, mengolah data, penyajian data, prosedur analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa Pramoedya Ananta Toer memiliki pandangan hidup tentang nasionalisme sebanyak 17 pandangan, pandangan hidup tentang perempuan sebanyak 5 pandangan, pandangan hidup tentang religi sebanyak 8 pandangan, pandangan hidup tentang demokrasi sebanyak 2 pandangan, pandangan hidup tentang pluralisme sebanyak 5 pandangan dan pandangan hidup tentang pendidikan sebanyak 12 pandangan. Pandangan hidup Pramoedya Ananta Toer relevan untuk digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada KD 3.14 dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X. Kata Kunci: biografi Pramoedya Ananta Toer, pandangan hidup, bahan ajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Nov 2020 08:15
Last Modified: 12 Nov 2020 08:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49986

Actions (login required)

View Item View Item