RISKA AGUSTINA MULYANI, 145060114 (2020) PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV C SD YWKA Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. Cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
03. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
04. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
05. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB II.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
08. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD YWKA Kota Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK. Model yang digunakan dalam penelitian ini ada Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdapat satu pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh peningkatan hasil belajar dari hasil tes yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 23,3% kemudian pada siklus II sebesar 93,33% Sedangkan aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 84,37% , kemudian pada siklus II sebesar 90,625%. Respon siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 94%, kemudian pada siklus II sebesar 98%. Dan yang terakhir pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 84%, kemudian pada siklus II sebesar 94%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C di SD YWKA Kota Bandung. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 06:47 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 06:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49970 |
Actions (login required)
View Item |