PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV C SD YWKA Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

RISKA AGUSTINA MULYANI, 145060114 (2020) PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV C SD YWKA Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
08. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD YWKA Kota Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK. Model yang digunakan dalam penelitian ini ada Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdapat satu pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh peningkatan hasil belajar dari hasil tes yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 23,3% kemudian pada siklus II sebesar 93,33% Sedangkan aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 84,37% , kemudian pada siklus II sebesar 90,625%. Respon siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 94%, kemudian pada siklus II sebesar 98%. Dan yang terakhir pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 84%, kemudian pada siklus II sebesar 94%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C di SD YWKA Kota Bandung. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:47
Last Modified: 11 Nov 2020 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49970

Actions (login required)

View Item View Item