Pengembangan Bahan Berbasis Mobile Learning Berbantuan moodle Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa

Sarkani, NPM : 188060051 (2020) Pengembangan Bahan Berbasis Mobile Learning Berbantuan moodle Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Sarkani.docx

Download (67kB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk ; (1) Menghasilkan bahan ajar berbasis m-learning berbantuan Moodle yang pada materi dimensi tiga, (2) menganalisis bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan bahan ajar berbasis m-learning (3) menganalisis bagaimana kemandirian belajar siswa yang menggunakan bahan ajar m-learning (4) menganalisis korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), impelemantasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa kelas XI OTKP SMK Al Washliyah Sumber. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa dan posttest. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini yaitu : 1) penilaian total nilai rata-rata siswa dalam uji coba produk tahap 2 ini terlihat bahwa adalah = 3,52 = 3,5. Nilai 3,5 lebih besar dari 3,4 – 4,2, artinya uji coba produk tahap ini menghasilkan nilai baik (B) maka bahan ajar m-learning berbentuk bahan ajar m-learning berbasis moodle pada materi dimensi tiga layak digunakan, 2) kemampuan pemecahan masalah matematika sebanyak 30 orang siswa diperoleh sebanyak 18 orang siswa atau 52,9% memiliki kemampuan pemecahan masalah yang termasuk dalam kategori “baik”, 9 orang siswa atau 26,5% termasuk kedalam kategori “cukup”, 3 orang siswa atau sebanyak 8,8% termasuk kedalam kategori “kurang”.4) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : mobile learning, moodle, kemampuan pemecahan masalah, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:52
Last Modified: 11 Nov 2020 05:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49964

Actions (login required)

View Item View Item