KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

ALI MA’SUM, 165050040 (2020) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

ALI MA’SUM. Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Melalui Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar adalah salah satu hal yang perlu dimiliki siswa pada jenjang sekolah menengah pertama. Salah satu upaya pengembangan kemampuan penalaran dan kemandirian belajar yaitu dengan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menganalisis bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa SMP melalui pendekatan RME; (2) menganalisis bagaimana kemandirian belajar siswa SMP melalui pendekatan RME; (3) menganalisis adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data skunder terkait penalaran matematis, kemandirian belajar, dan pendekatan RME. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan pendekatan RME mengalami perkembangan yang baik; (2) kemandirian belajar siswa SMP dengan pendekatan RME mengalamiperkembangan yang baik; (3) adanya pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan penalara matematisnya. Kata Kunci: Penalaran matematis, kemandirian belajar, pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:39
Last Modified: 05 Nov 2020 02:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49926

Actions (login required)

View Item View Item