ALI MA’SUM, 165050040 (2020) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
ALI MA’SUM. Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Melalui Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar adalah salah satu hal yang perlu dimiliki siswa pada jenjang sekolah menengah pertama. Salah satu upaya pengembangan kemampuan penalaran dan kemandirian belajar yaitu dengan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menganalisis bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa SMP melalui pendekatan RME; (2) menganalisis bagaimana kemandirian belajar siswa SMP melalui pendekatan RME; (3) menganalisis adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data skunder terkait penalaran matematis, kemandirian belajar, dan pendekatan RME. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan pendekatan RME mengalami perkembangan yang baik; (2) kemandirian belajar siswa SMP dengan pendekatan RME mengalamiperkembangan yang baik; (3) adanya pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan penalara matematisnya. Kata Kunci: Penalaran matematis, kemandirian belajar, pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 02:39 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 02:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49926 |
Actions (login required)
View Item |