PENGARUH MOTIVASI KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL KOTA BANDUNG

WAHYU ADHI PRABOWO, NPM: 1880.100-26 (2020) PENGARUH MOTIVASI KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
WAHYU ADHI PRABOWO_MIA copy.docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung, dilakukan karena belum efektifnya kerja pegawai sehingga mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan yang diberikan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Bojongloa Kidul? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Bojongloa Kidul. Teori motivasi kerja dalam penelitian ini menggunakan teori dari David MC.Cleland (Sondang P. Siagian) dimana motivasi kerja dipengaruhi oleh tiga kebutuhan yaitu kebutuhan prestasi, kebutuhan affiliasi dan kebutuhan kekuasaan. Sedangkan teori kualitas pelayanan menggunakan Zeithaml (Hardiyansyah) dimana kualitas pelayanan dipengaruhi oleh lima dimensi, yaitu tangibel, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif, dengan populasi sebanyak 60 orang, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Bojongloa Kidul secara optimal yaitu sebesar 53,20%, artinya pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan menunjukan pengaruh yang positif. Dimana nilai tersebut menunjukan motivasi kerja yang telah dilakukan oleh pimpinan untuk membangun dan menumbuhkan motivasi dari pegawai untuk memiliki keunggulan dalam bekerja, mampu menyelesaikan masalah, mampu bekerjasama, memiliki jiwa kompetensi dan mampu bersaingan sehingga hal tersebut dapat menumbuhkan motivasi kerja dan dapat mendorong kualitas kerja pegawai sehingga dapat memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Kata Kunci : Motivasi, Kerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:18
Last Modified: 02 Nov 2020 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49904

Actions (login required)

View Item View Item