ARNIS WISDAWATI, 165050063 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (947kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Salah satu kemampuan matematis yang perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran adalah kemampuan literasi matematis siswa. Terdapat banyak sekali model pembelajaran yang dapat dijadikan model alternatif oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa, salah satunya dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) atau model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis bagaimana konsep kemampuan literasi matematis; (2) menganalisis bagaimana konsep model pembelajaran problem based learning; (3) menganalisis bagaimana implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan yang umumnya disebut studi literatur. Sumber data yang diambil berasal dari sumber data primer dan sekunder. Teknik penelitian dalam analisis ini yaitu menggunakan langkah-langkah Editing, Organizing, and Finding. Analisis data yang digunakan berupa pemikiran deduktif, induktif dan historis. Berdasarkan hasil penelitian-penelitian yang telah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi model pembelajaran problem based learning mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa; (2) penerapan model pembelajaran problem based learning di tingkat SMP mampu meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa secara signifikan; (3) kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran problem based learning lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa pada pembelajaran matematika di tingkat SMK. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 01 Nov 2020 07:16 |
Last Modified: | 01 Nov 2020 07:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49893 |
Actions (login required)
View Item |