ADILYA FITRIANI, 165050007 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (692kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (711kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (676kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa. Kemampuan komunikasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terdiri dari tujuh komponen yaitu: (1) konstruktivisme; (2) penemuan; (3) bertanya; (4) masyarakat belajar; (5) pemodelan; (6) refleksi; dan (7) penilaian yang sebenarnya.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana konsep kemampuan komunikasi matematis; (2) Mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa SMP melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); dan (3) Mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber primer dan sumber sekunder, dengan pengumpulan data Editing, Organizing, dan Finding. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deduktif, induktif, dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki dalam pembelajaran matematika yang dapat membuat siswa lebih memahami mengenai tabel, grafik, gambar, diagram, maupun masalah kontekstual yang berkaitan dengan pembelajaran matematika; (2) Model Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif dapat melatih kemampuan komunikasi matematis dan memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; dan (3) Langkah – langkah dalam model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Contextual Teaching and Learning, CTL
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 30 Oct 2020 13:41 |
Last Modified: | 30 Oct 2020 13:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49887 |
Actions (login required)
View Item |