PERENCANAAN DRY ANAEROBIC DIGESTER UNTUK MENGOLAH SAMPAH ORGANIK DARI SAMPAH PASAR DAN PERUMAHAN YANG MASUK KE TPA PANEMBONG KABUPATEN SUBANG

Fika Fitrianda Utami, Mhs (2020) PERENCANAAN DRY ANAEROBIC DIGESTER UNTUK MENGOLAH SAMPAH ORGANIK DARI SAMPAH PASAR DAN PERUMAHAN YANG MASUK KE TPA PANEMBONG KABUPATEN SUBANG. Skripsi(S1) thesis, Universitas PAsundan.

[img] Text
fika.txt

Download (5kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kabupaten Subang memiliki permasalahan sampah yaitu daya tampung sampah di TPA Panembong yang semakin hari semakin berkurang Jenis sampah yang mendominasi di TPA Panembong berasal dari sampah pasar dan sampah rumah tangga. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dibangunnya suatu unit pengolahan sampah yaitu biodigester Skala TPA. Tujuan dari perencanaan ini adalah mengolah sampah organik dari pasar dn peruahan yang masuk ke TPA agar sampah yang tertimbun di TPA berkurang dengan cara merencanakan desain biodigester dan menyusun rencana anggaran biaya. Desain biodigester yang direncanakan yaitu menggunakan sistem batch dengan tipe dry anaerobic digester. Perencanaan ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu melakukan sampling komposisi sampah, uji karakteristik sampah, analisis data, penentuan desain, perhitungan proyeksi penduduk dan timbulan sampah, perhitungan desain dry anaerobic digester dan menyusun rencana anggaran biaya. Dengan luas lahan perencanaan yang dibutuhkan sebesar 1263,46 m2 dan lahan yang tersedia di lokasi perencanaan sebesar 3500 m2, maka desain digester dan pelengkapnya yang dapat dibangun memiliki kapasitas reaktor dry anaerobic digester 127,23 m3, bak penampung lindi berdimensi 476 m3, penampung gas berdimensi 876,8 m2, dan bak residu berdimensi 43,38 m3. Dengan sampah organik dari pasar dan perumahan yang dapat terolah sebanyak 45,13 Ton/Hari. Total biaya investasi untuk perencanaan ini sebesar Rp. 1.595.386.827, dengan sumber dana yang diambil dari biaya APBD, hasil penjualan listrik ke PLN Kabupaten Subang, dan penjualan pupuk kompos. Kata Kunci : Dry Anaerobic Digester, Pengolahan Sampah Organik, Perencanaan, Tempat Pemrosesan Akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 28 Oct 2020 04:57
Last Modified: 28 Oct 2020 04:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49852

Actions (login required)

View Item View Item