Rizal Juwahir, 155060050 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIFE LEARNING TIPE (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV (Penelitian kuasi eksperimen Subtema 3 Energi Alternatif). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar merupakan indicator keberhasilan proses pembelajaran., Adanya aktivitas dan hasil belajar yang baik dapat menunjukan bahwa materi pembelajaran yang terlah diberikan oleh guru dapat dipahami siswa dengan baik. Aktivitas siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah kurang efektif terhadap siswa sebagai penerima pengetahuan untuk lebih aktif dalam proses belajar, serta kurang mengembangkan keterampilan social yang kelak dapat berguna dalam kehidupan bermasyarakat. Suatu alternative metode pembelajaran yang diperlukan, di antaranya menerapkan model cooperative learning tipe STAD. Dari uraian tersebut, muncul rumusan masalah, “Bagaimana aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model Student Teams Achievement Divisions tipe STAD dan Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model Student Teams Achievement Divisions tipe STAD?”. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode cooperative learning tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar pada kelas IV SDN Yasahidi dan SDN Sukaasih tahun ajaran 2019/2020. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SDN Yasahidi dan Kelas IV SDN Sukaasih tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini di ambil dengan teknih sampel jenuh, yaitu siswa kelas IV SDN Yasahidi sebagai kelas eksperimen dan SDN Sukaasih sebagai kelas kontrol. Dari data hasil belajar siswa tersebut, peneliti menguji normalitas homogenitasnya untuk Teknik uji hipoteris yang digunakan. Dari uji normalitas diketahui bahwa, data tersebut berdistribusi normal, karena nilai signifikasi Kolmogorov-smirnov > 0,05. Nilai signifikansi Kolmogorov-smirnov kelompok eksperimen sebesar nilai sig pre-test adalah sebesar 0,064 > 0.05 dan posttest sebesar 0,206. Sementara nilai signifikansi Kolmogorov-smirnov kelas kontrol sebesar sig pre-test sebesar 0.142 dan post-test sebesar 0.102. oleh karena itu data berdistribsi normal, maka Teknik uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t (independent sample t-test). Diperoleh nilai signifikan sebesar sig (2tailed) sebesar 0,694. Nilai tersebut lebih besar dari 0,05. Maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Ha : diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan pertanyaan penelitian yang diajukan penelitian ini. Ditanyakan apakah terdapat perbedaan dari model cooperative learning tipe STAD dari kelas ekperimen dan kelas kontrol maka dilakukan uji independen sample t test diperoleh nilai signifikan sebesar sig (2tailed) sebesar 0,694 dengan megambil nilai 0,05 sebagai perbandinganya dan ketentuan nilai sig lebih besar dari pada 0,05 maka dinyatakan hasil belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan. Maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Ha : diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Student teams achievement divisions,Aktivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 02:41 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 02:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49841 |
Actions (login required)
View Item |