DESY MELIAWATI, 165050068 (2020) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan representasi matematis dan self-efficacy siswa di Indonesia masih relative rendah, Salah satu pendekatan pembelajaran yang berpeluang meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self-efficacy siswa adalah pendekatan RME. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana kemampuan representasi matematis melalui pembelajaran dengan pendekatan RME; (2) Mengetahui bagaimana self-efficacy melalui pembelajaran dengan pendekatan RME; (3) Mengetahui bagaimana kaitan kemampuan representasi matematis dan self-efficacy. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu induktif dan komparatif. Hasil penelitian memperoleh beberapa kesimpulan yakni: (1) Kemampuan representasi matematis siswa dapat meningkat melalui pembelajaran dengan pendekatan RME, bahkan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dapat lebih baik secara signifikan pada pembelajaran dengan pendekatan RME dibandingkan pada pembelajaran dengan pendekatan konvensional; (2) Self-efficacy siswa dapat meningkat melalui pembelajaran dengan pendekatan RME, bahkan peningkatan self-efficacy siswa dapat lebih baik secara signifikan pada pembelajaran dengan pendekatan RME dibandingkan pada pembelajaran dengan pendekatan konvensional; (3) Kemampuan representasi matematis siswa berbanding lurus dengan self-efficacy siswa, tinggi rendahnya kemampuan representasi matematis siswa sejalan dengan tinggi rendahnya self-efficacy siswa. Kata kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Self-efficacy, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 02:08 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 02:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49833 |
Actions (login required)
View Item |