ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MODEL INQUIRY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Siti Aisyah, 165040014 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MODEL INQUIRY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
165040014_SITI AISYAH_ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165040014_SITI AISYAH_COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165040014_SITI AISYAH_ABSTRAK INDO.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165040014_SITI AISYAH_ABSTRAK ENG.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165040014_SITI AISYAH_BAB 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165040014_SITI AISYAH_BAB 2.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165040014_SITI AISYAH_DAPUS.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berdasarkan temuan pada penelitian terdahulu bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi masih dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya tidak dilibatkannya peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis pada model inquiry based learning dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dengan mengumpulkan artikel nasional dan artikel internasional terakreditasi. Data dianalisis dengan teknik deduktif. Tahap pengumpulan data terdiri dari tahapan editing, dan organizing. Hasil analisis penelitian kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi menunjukkan hasil yang variatif dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. Salah solusi mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan model inquiry based learning. Model inquiry based learning memberikan dampak positif bagi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan pembelajaran berbasis penemuan atau observasi. Umumnya pendidik memilih model inquiry based learning dengan tipe Guided Inquiry (Inkuiri terbimbing). Pada inkuiri terbimbing, guru masih memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik, untuk penyelesaian masalah dilakukan oleh peserta didik. Dengan dengan begitu, peserta didik mampu untuk membangun pemahaman konsepnya mengenai topik pembelajaran yang sedang dipelajari. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Inquiry Based Learning, Pembelajaran Biologi, Penelitian Kepustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 01:58
Last Modified: 28 Oct 2020 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49831

Actions (login required)

View Item View Item