ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

ZIDNI HANIFA RAHMAN, 165040023 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract B. Inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B. Indonesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(1).pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B. Sunda.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan metode quantum learning berbasis kearifan lokal pada pembelajaran biologi. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dari sumber data yang sudah tersedia. Sumber data yang diperoleh dikelompokkan menjadi sumber primer dan sekunder. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih dalam kategori rendah dan perlu ditingkatkan. Hasil analisis pada metode quantum learning menunjukan bahwa penggunakan metode quantum learning pada proses pembelajaran itu efektif untuk digunakan karena siswa akan lebih aktif dan pembelajaran menjadi menyenangkan. Hasil analisis yang telah dilakukan, mendapatkan hasil bahwa pembelajaran dengan metode quantum learning berorientasi kearifan lokal pada pembelajaran biologi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena siswa juga akan mendapatkan pengetahuan lebih luas, pembelajaran yang membuat siswa mengingat ilmu yang disampaikan lebih lama dan bisa melestarikan budaya di lingkungan daerahnya. Kata kunci: berpikir kritis, metode quantum learning, kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Oct 2020 11:49
Last Modified: 27 Oct 2020 11:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49822

Actions (login required)

View Item View Item