ANALISIS LITERATUR MENGENAI PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

BEBI RAMALIA ALFI, 165040060 (2020) ANALISIS LITERATUR MENGENAI PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
03 COVER.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01 BAB I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Blended learning merupakan model pembelajaran yang memadukan kegiatan belajar tatap muka dengan belajar modern secara online melalui e-learning yang melibatkan teknologi atau media pembelajaran lainnya. Penerapan blended learning yang melibatkan teknologi menjadi lebih menarik, fleksibel, interaktif, dan tidak membosankan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Hasil belajar adalah indikator tercapainya tujuan pembelajaran yang menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut berhasil dilaksanakan, sedangkan motivasi belajar adalah suatu dorongan atau keinginan pada diri peserta didik untuk semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dasar blended learning dan pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur dan analisis induktif dengan menelaah dokumen riset penelitian yaitu 21 riset hasil belajar blended learning dan 15 riset motivasi belajar blended learning. Data yang diambil adalah persentase peningkatan dari mean score hasil belajar blended learning dan mean score motivasi belajar blended learning. Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dalam blended learning meningkat sebesar 25% sedangkan motivasi belajar dalam blended learning meningkat sebesar 14%. Hasil analisis penelitian juga menunjukkan bahwa dengan adanya motivasi intrinsik, kemampuan literasi, self enhancement dalam interaksi belajar, sumber belajar tak terbatas, dan penyajian materi yang menarik dan tidak membosankan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik dalam blended learning. Kata Kunci : Blended learning, hasil belajar, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Oct 2020 10:43
Last Modified: 28 Oct 2020 02:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49808

Actions (login required)

View Item View Item