BEBI RAMALIA ALFI, 165040060 (2020) ANALISIS LITERATUR MENGENAI PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
03 COVER.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
04 ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
05 ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
06 ABSTRAK SUNDA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
01 BAB I.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
02 BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) | Preview |
Abstract
Blended learning merupakan model pembelajaran yang memadukan kegiatan belajar tatap muka dengan belajar modern secara online melalui e-learning yang melibatkan teknologi atau media pembelajaran lainnya. Penerapan blended learning yang melibatkan teknologi menjadi lebih menarik, fleksibel, interaktif, dan tidak membosankan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Hasil belajar adalah indikator tercapainya tujuan pembelajaran yang menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut berhasil dilaksanakan, sedangkan motivasi belajar adalah suatu dorongan atau keinginan pada diri peserta didik untuk semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dasar blended learning dan pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur dan analisis induktif dengan menelaah dokumen riset penelitian yaitu 21 riset hasil belajar blended learning dan 15 riset motivasi belajar blended learning. Data yang diambil adalah persentase peningkatan dari mean score hasil belajar blended learning dan mean score motivasi belajar blended learning. Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dalam blended learning meningkat sebesar 25% sedangkan motivasi belajar dalam blended learning meningkat sebesar 14%. Hasil analisis penelitian juga menunjukkan bahwa dengan adanya motivasi intrinsik, kemampuan literasi, self enhancement dalam interaksi belajar, sumber belajar tak terbatas, dan penyajian materi yang menarik dan tidak membosankan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik dalam blended learning. Kata Kunci : Blended learning, hasil belajar, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 10:43 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 02:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49808 |
Actions (login required)
View Item |