AMANDA OKTARINA, 165050006 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstract Inggris.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
11. Daftar Pustaka.pdf Download (248kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan matematis penting dimiliki oleh siswa, salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan prasyarat siswa dalam menguasai kemampuankemampuan matematis lainnya yang lebih tinggi. Salah satu model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu model pendekatan Open-Ended. Model pendekatan Open-Ended memiliki enam tahapan pada pelaksanaan pembelajarannya, yaitu Orientasi, Penyajian masalah terbuka, Pengerjaan masalah terbuka secara individu, Diskusi kelompok tentang masalah terbuka, Presentasi hasil diskusi kelompok, dan Penutup. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memahami konsep kemampuan berpikir kritis dalam matematika, (2) Menentukan kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika melalui pendekatan Open-Ended, (3) Memahami implementasi metode OpenEnded untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan yakni Editing, Organizing, dan Finding. Analisis data yang digunakan yaitu deduktif dan komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis merupakan aktivitas mental siswa dalam bidang matematika yang dilakukan dan diterapkan menggunakan langkah-langkah metode ilmiah, (2) Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran pendekatan Open-Ended, (3) Implementasi model pembelajaran pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis sangat baik. Sehingga sangat memungkinkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dapat berkembang melalui pendekatan Open-Ended. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pendekatan OpenEnded
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 09:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 09:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49803 |
Actions (login required)
View Item |