SHERLY EFRILYANI, 165050039 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (898kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih rendah. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah Model Eliciting Activities (MEAs). Studi literatur ini bertujuan untuk: 1) mengkaji bagaimanakah konsep kemampuan berpikir kreatif matematis, 2) mengkaji bagaimanakah konsep pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs), 3) mengkaji bagaimanakah implementasi pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder yang bersifat kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pemeriksaan kembali data, mengorganisir data, dan penafsiran data. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deduktif, induktif, dan interprestasi. Hasil studi ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan pemikiran yang berusaha membangun berbagai ide yang tidak biasanya dengan bersifat terbuka sehingga memunculkan gagasan baru dan menyusun berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Permasalahan yang diberikan tentunya sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. 2) Model Eliciting Activities (MEAs) adalah model pembelajaran untuk memahami, menjelaskan, dan mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkandung dalam suatu masalah dengan didasari pada masalah realistis, bekerja dalam kelompok kecil, dan menyajikan sebuah model untuk membantu siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan langkah-langkah yang disesuaikan dengan prinsip pembelajaran MEAs dan diharapkan untuk mempertahankan kelebihannya serta meminimalisir kekurangan dari pembelajaran MEAs. 3) Model Eliciting Activities (MEAs) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Implementasi pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci: Model Eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 08:59 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 08:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49799 |
Actions (login required)
View Item |