ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Studi Pustaka Pada Peserta didik Sekolah Dasar)

Nurul Latifah Hasyim, 165060167 (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Studi Pustaka Pada Peserta didik Sekolah Dasar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis dari studi literatur mengenai hasil belajar peserta didik sekolah dasar melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian terdahulu mengatakan bahwa terdapat hasil belajar peserta didik yang masih rendah, hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang belum tepat. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik, menantang, dan menyenangkan yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yang dalam penerapannya mempunya langkah-langkah sebagai berikut: 1) Stimulasi, 2) Identifikasi masalah, 3) pengumpulan data, 4) Pengolahan data, 5) Pembuktian, dan 6) Menarik kesimpulan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder berupa sumber data yang berasal dari jurnal, karya ilmiah, buku-buku, dan perpustakaan online. Pengumpulan data yang ada dalam kepustakaan, dikumpulkan dan diolah dengan cara editing, organizing, dan finding. Hasil analisis data ini dengan cara deduktif, induktif, komparatif, dan interpretatif. Hasil kajian jurnal analisis penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar dapat disimpulkan bahwa, terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar dengan penggunaan model pembelajaran discovery learning. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:28
Last Modified: 27 Oct 2020 02:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49779

Actions (login required)

View Item View Item