ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK JASA KURIR DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Persero)

Aditya Dwi Setya Budi, 164010064 and Dr. H. Popo Suryana, SE.,MSi, Pembimbing (2020) ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK JASA KURIR DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Persero). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan era globalisasi dan teknologi menunutut sebuah perusahaan jasa kurir untuk mampu berinovasi dalam memenuhi kebutuhan dan persaingan pasar yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapam strategi diversifikasi produk jasa kurir pada PT. Pos Indonesia. Penelitian berfokus pada pelaksanaan strategi diversifikasi produk, implementasi program pemasaran melalui strategi diversifikasi produk dan faktor-faktor yang menjadi penghambat strategi diversifikasi produk pada PT. Pos Indonesia. Metode yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik trianggulasi dengan pihak terkait dan expert judgment dalam mendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi diversifikasi produk jasa kurir pada PT. Pos Indonesia sangat baik dan termasuk kedalam strategi diversifikasi konsentris. Produk Q9 sameday dan QComm mampu menjawab kebutuhan konsumen yang mengharapkan cepat, tepat, aman dan murah. Penjualan produk kurir menunjukan bahwa Q9 sameday masih memiliki penjualan yang rendah dan masih berada pada tahap pengenalan dalam product life cycle. Kendala yang dihadapi yaitu pada program pemasaran seperti layanan cash on delivery, jumlah oranger yang sedikit, dan rendahnya kerjasama dengan perusahaan pemasok. Kelemahan dan ancaman menjadi faktor penghambat yang harus dievaluasi kembali oleh PT. Pos Indonesia. Posisi kompetitif yang dimiliki PT. Pos Indonesia berada pada sel I yaitu grow and build dengan nilai IFE dan EFE (3.45-3.88) yang menjadi kekuatan untuk menghadapi persaingan pasar dengan meningkatkan strategi penetrasi pasar pada produk jasa kurir yang sudah ada. Kata Kunci : Diversifikasi Produk, Persaingan Pasar, Program Pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2016
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:14
Last Modified: 26 Oct 2020 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49749

Actions (login required)

View Item View Item