DILA FATIMAH, 165060014 (2020) ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (864kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (890kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
||
|
Text
11. Daftar Pustaka.pdf Download (769kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan menyimak peserta didik sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebenaran bahwa media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dihimpun melalui studi kepustakaan berupa buku-buku, artikel, jurnal nasional jurnal dan jurnal internasional serta mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu tentang keterampilan menyimak peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa jurnal peneliti terdahulu menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menyimak peserta didik di sekolah dasar terdapat pengaruh positif dan mampu meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik karena media pembelajaran audio visual dapat menjadi daya tarik peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Namun, dari beberapa jurnal ada yang menunjukkan bahwa media audio visual menimbulkan beberapa kendala dalam proses pembelajaran dikarenakan dapat membuat peserta didik menjadi kurang fokus, dan kurang konsentrasi yang menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi tidak kondusif. Adapun hasil penelitian yang mengatakan bahwa pada saat membandingkan kelas yang dengan menggunakan media pembelajaran audio saja itu peserta didiknya menjadi lebih fokus dan daya imajinasinya jauh lebih besar dibandingkan dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran audio visual tetapi untuk hasil tetap lebih meningkat dikarenakan dalam penggunaan media pembelajaran audio visual dalam proses pembelajaran di kelas terdapat dampak yang positif bagi peserta didik terhadap kedisiplinan, antusias, keaktifan serta kreatifitas peserta didik. Kesimpulannya, media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik sekolah dasar dikarenakan dapat meningkatkan daya tarik peserta didik. Karena tidak semua sekolah dapat memfasilitasi dalam proses pembelajaran berlangsung, maka dari itu sebagai guru maupun calon guru harus dapat menciptakan atau mengaplikasikan kemampuannya dalam segala hal terutama dalam pemilihan dan penggunaan media yang menunjang proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Kata Kunci: Audio Visual, Keterampilan Menyimak, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 04:53 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 04:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49734 |
Actions (login required)
View Item |