I Nyoman Tri Agung Rio Sepridho, 165060002 (2020) MANAJEMEN KELAS YANG DILAKUKAN OLEH GURU SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran manajemen kelas sangatlah diperlukan untuk dapat menciptakan kenyamanan bagi siswa agar hasil belajar meningkat. Manajemen kelas merupakan suatu usaha atau kemampuan guru dalam merencanakan, mengorganisasikan serta melaksanakan pengawasan terhadap program kegiatan belajar mengajar atau kegiatan yang ada di kelas sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Manajemen kelas tentunya dapat berfungsi apabila dibantu dengan adanya seorang guru di dalam kelas. Guru merupakan orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan manajemen kelas. Salah satu manajemen kelas yang dapat dilakukan oleh guru di dalam kelas yaitu dengan membuat peraturan kelas. Perilaku siswa saat di dalam kelas sangat membutuhkan penanganan dari sikap guru, khusunya untuk anak yang dimiliki perilaku bermasalah yaitu sikap kurang disiplin seperti mengobrol, berjalan-jalan, serta datang terlambat. Untuk meminimalisir terjadinya perilaku bermasalah pada siswa, perlu dilakukan tindakan manajemen kelas yaitu berupa penerapan peraturan kelas. Peraturan kelas dapat berupa tertulis dan lisan dengan penyusunan peraturan sesuai kesepakatan bersama. Efek jangka pendek dalam melakukan penerapan peraturan kelas yaitu siswa berhenti melakukan hal yang merugikan di dalam kelas dan memulai perilaku yangbaik. Efek jangka panjangnya yaitu mencegah perilaku tersebut terulang kembali pada rentang waktu yang lama sehingga menjadi sikap disiplin. Berdasarkan hal tersebut, hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti terhadap hasil penelitian terdahulu bahwa penggunaan manajemen kelas sangat cocok digunakan untuk menciptakan kenyamanan bagi siswa. Kata Kunci : Studi Literatur, Manajemen Kelas, Guru
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 24 Oct 2020 08:31 |
Last Modified: | 24 Oct 2020 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49693 |
Actions (login required)
View Item |