REKHA RAKASIWI, 165060026 (2020) PENGARUH MEDIA RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SDN KRESNA BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Kresna Bandung Tahun Ajaran 2020-2021). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ING.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUND.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan berkualitas. pengaruh adanya media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Proses yang dilakukan oleh guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, oleh karena itu dalam proses pembelajaran guru harus dapat memberikan kegiatan pembelajaran yang baik, yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi seperti Rumah Belajar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui seberapa besar pengaruh media rumah belajar unuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media rumah belajar lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media rumah belajar, (3) mengetahui sikap siswa yang menggunakan media rumah belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan model Pretest-protest control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kresna Bandung Tahun 2019/2020 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas 4A, 4B, 4C, 4D. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kresna. Peneliti akan menentukan dua kelas yaitu kelas eksperimen (IV A) dan kelas kontrol (IV B) karena penggunaan media Rumah Belajar sangat menunjang terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai probabilitas pada kolom signifikansi 0,654 lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima atau hasil belajar siswa yang menggunakan media rumah belajar dengan menggunakan media power point tidak berbeda pada tes akhir. Kata Kunci : media pembelajaran, kuasi eksperimen, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:03 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49653 |
Actions (login required)
View Item |