KURNIA SRI WAHYUNI, 165010019 (2020) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI EDUBOX TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PPKN (Studi Survey Peserta Didik kelas X dan XI SMA Kartika XIX-2 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK (INDONESIA).pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK (INGGRIS).pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (593kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sangat penting bagi kelangsungan kehidupan warga negara, melalui pendidikan peserta didik dapat meningkatkan kompetensi dan kwalitas hidup. Pemanfaatan teknologi dalam situasi pandemi virus Covid-19 mendorong inovasi pembelajaran untuk membuka cakrawala baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Edubox terhadap Self efficacy Peserta Didik. Peneliti menggunakan metode survei dalam mengambil data penelitian. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI SMA Kartika XIX-2 Kota Bandung. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 189 responden dari jumlah keseluruhan 232 responden. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, mengenai proses pembelajaran PPKn memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi Edubox terhadap Self efficacy peserta didik. Pengambilan data menggunakan angket skala likert untuk mengetahui hubungan variabel media pembelajaran berbasis aplikasi Edubok terhadap Self efficacy selama proses pembelajaran secara online. Selain itu, untuk mengetahui efektivitas media berbasis aplikasi Edubox dalam mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Media pembelajaran berpengaruh terhadap Self efficacy peserta didik, sehingga aplikasi Edubox efektif digunakan sebagai media penunjang dan memudahkan pembelajaran PPKn. (2) Media pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap Self efficacy dalam mata pelajaran PPKn. (3) Peserta didik yang memiliki Self efficacy tinggi, memiliki keyakinan dan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan sehingga, akan berusaha menyelesaikan tugas tepat waktu dan mencantumkan sumber yang relevan. Hasil penelitian dan analisis data menunjukan pemanfaatan teknologi memiliki pengaruh positif dan efektif digunakan dalam mata pelajaran PPKn selama masa pandemi virus Covid-19. Peserta didik sebagai warga negara muda siap bersaing menghadapi tantangan dan mengimplementasikan Civic Virtue. Dengan demikian media pembelajaran berbasis aplikasi Edubox sebagai solusi terbaik bagi bidang pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran PPKn. Kata Kunci : Aplikasi Edubox, Self efficacy, Pemanfaatan teknologi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 06:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 06:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49638 |
Actions (login required)
View Item |