PERSEPSI MAHASISWA K-POPERS BANDUNG MENGENAI CYBERBULLYING TERHADAP IDOL KOREA (Studi Deskriptif Kualitatif Cyberbullying di Instagram Pada Kasus Bunuh Diri Sulli)

Shiila Aliya Kaifa, --- (2020) PERSEPSI MAHASISWA K-POPERS BANDUNG MENGENAI CYBERBULLYING TERHADAP IDOL KOREA (Studi Deskriptif Kualitatif Cyberbullying di Instagram Pada Kasus Bunuh Diri Sulli). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II (1).pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
coverr.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (1).pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Persepsi Mahasiswa K-popers Bandung Mengenai Cyberbullying Terhadap Idol Korea. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kasus cyberbullying yang sering terjadi pada public figure. Persepi sendiri merupakan intepretasi hal-hal yang kita indra. Persepsi (perception) melibatkan kognisi tingkat tinggi dalam pengintepretasian terhadap informasi sensorik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori persepsi yang dikemukakan oleh Deddy Mulyana. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Pembahasan dianalisis dari hasil wawancara mendalam dengan para informan. Informan sendiri terdiri dari 5 informan inti, 1 informan ahli dan 1 informan akademisi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi para penggemar k-pop khususnya mahasiswa kpopers yang berada di Bandung terkait dengan kasus yang sangat menyita perhatian para penggemar kpop yaitu Idol Korea Sulli memutuskan untuk bunuh diri akibat dari cyberbullying yang ia dapatkan. Setelah melakukan wawancara dengan para informan, persepsi mereka terhadap kasus cyberbullying yang berujung pada bunuh diri idol Sulli yaitu mereka menyayangkan bahwa kasus ini harus terjadi, mereka juga sangat miris terhadap perlakuan haters yang terus melakukan cyberbullying terhadap Sulli dan yang terakhir ini membuktikan bahwa perkataan negatif sangat berpengaruh besar pada jiwa seseorang. Saran dari hasil penilitian ini adalah kepada para penggemar idola baik Kpop ataupun non-K-pop, sebaiknya tidak boleh untuk mencampuri kehidupan pribadi seorang idola atau public figure. Hentikan serta dilarang untuk melakukan cyberbullying kepada artis atau idola, karena idola memiliki perasaan yang harus dihargai. Kata Kunci : Mahasiswa K-Popers Bandung, Cyberbullying, Idol Korea.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:35
Last Modified: 21 Oct 2020 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49590

Actions (login required)

View Item View Item