PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN MIXING TANK MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (STUDI KASUS : PT. SANBE FARMA JAWA BARAT)

Muhamad Sofyan Saori, Mhs (2020) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN MIXING TANK MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (STUDI KASUS : PT. SANBE FARMA JAWA BARAT). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhamad Sofyan Saori_133010235_Teknik Industri.pdf

Download (465kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perancangan dan pengembangan produk adalah semua proses yang berhubungan dengan keberadaan produk yang meliputi segala aktivitas, mulai dari identifikasi keinginan konsumen sampai fabrikasi, penjualan dan pengiriman dari produk. Perancangan dan pengembangan produk inilah yang menjadi suatu bagian dari perubahan abstrak yang ada dalam dunia usaha. Pada proses pengadaan mesin Mixing Tank PT. Sanbe Farma selalu mendatangkan mesin dari luar negeri. Namun permasalahan pada saat ini dalam proses produksi menggunakan Mixing Tank, pihak perusahaan mengalami kendala jika mesin yang digunakan mengalami kerusakan, yang berdampak kepada proses waktu maintenance yang sangat lama, dan biaya maintenance yang mahal. Untuk meningkatkan produksi obat-obatan yang akan di produksi oleh PT. Sanbe Farma, maka dilakukan ekspansi terhadap beberapa fasilitas produksi khususnya pada mesin Mixing Tank. PT. Sanbe Farma berencana memproduksinya sendiri dengan membuat departemen baru yaitu Sanbe Engineering. Sanbe Engineering diharapkan dapat mengatasi kendala yang dialami oleh perusahaan bisa terselesaikan. Upaya perencangan ulang ini akan menggunakan metode Value Engineering, dalam aplikasi metode Value Engineering bertujuan untuk mengindentifikasi kembali fungsi suatu produk dan mengembangkan fungsi kreatifitas. Diharapkan memberikan penyelesaian suatu masalah sehingga didapatkan suatu produk mesin Mixing Tank yang efisien, waktu maintenance yang tidak lama, dan biaya pembelian serta maintenance tidak terlalu tinggi, tetapi mutu dan kualitas masih dipertahankan. Dari hasil desain ulang dan analisa dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain, waktu maintenance lebih cepat dikarenakan perbaikan dilakukan oleh karyawan PT. Sanbe Farma sendiri, dapat mengurangi biaya over-load pada proses pengadaan fasilitas produksi, Perusahaan dapat menghemat persentase anggaran sebesar 84,7 % untuk pembelian dan pengadaan Mixing Tank alternatif. Kata Kunci : Perancangan dan Pengembangan Mixing Tank, Metode Value Engineering, Desain ulang Mixing Tank.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:26
Last Modified: 21 Oct 2020 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49582

Actions (login required)

View Item View Item