Hertina Rohmah, 155060146 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR ( Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SDN Cimanggung IV). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.Cover Skripsi.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
7. bab I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
8. bab II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text
9. bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
||
Text
10. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
||
Text
11. bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
Text
6. daftar pustaka.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar kelas V SDN Cimanggung IV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif jenis Quasi experimental design dengan desain Nonequevalent control group design. Variabel X dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan variabel Y yaitu Kemampuan membaca pemahaman. Subjek penelitian pada kelas Ekperimen yaitu kelas VA dan kelas kontrol yaitu kelas VB di SDN Cimanggung IV. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan wawancara. Untuk menguji hipotesis apakah terdapat pengaruh atau tidak peneliti peneliti menggunakan rumus regresi linier sederhana. Pnelitian yang dilakukan memberikan hasil bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran pada kelas kontrol yaitu dengan pembelajaran kovensional (Ceramah) terlihat dari hasil yang didapatkan yaitu hasil uji hipotesis didapat nilai sig (2-taled) sebesar 0,00<0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji regresi untuk membuktikan bahwa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan hasil sig 0,004< 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) memiliki pengaruh terhadap kemempuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Kata kunci : Kemampuan membaca pemhaman, Siswa kels V SD, model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 06:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 06:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49554 |
Actions (login required)
View Item |