PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR ( Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SDN Cimanggung IV)

Hertina Rohmah, 155060146 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR ( Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SDN Cimanggung IV). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.Cover Skripsi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. bab I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. bab II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
9. bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
10. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
11. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
6. daftar pustaka.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar kelas V SDN Cimanggung IV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif jenis Quasi experimental design dengan desain Nonequevalent control group design. Variabel X dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan variabel Y yaitu Kemampuan membaca pemahaman. Subjek penelitian pada kelas Ekperimen yaitu kelas VA dan kelas kontrol yaitu kelas VB di SDN Cimanggung IV. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan wawancara. Untuk menguji hipotesis apakah terdapat pengaruh atau tidak peneliti peneliti menggunakan rumus regresi linier sederhana. Pnelitian yang dilakukan memberikan hasil bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran pada kelas kontrol yaitu dengan pembelajaran kovensional (Ceramah) terlihat dari hasil yang didapatkan yaitu hasil uji hipotesis didapat nilai sig (2-taled) sebesar 0,00<0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji regresi untuk membuktikan bahwa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan hasil sig 0,004< 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) memiliki pengaruh terhadap kemempuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Kata kunci : Kemampuan membaca pemhaman, Siswa kels V SD, model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:38
Last Modified: 20 Oct 2020 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49554

Actions (login required)

View Item View Item