NENGSIH, 165050035 (2020) TINJAUAN KRITIS KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) DI SEKOLAH MENENGAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa sekolah menengah merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu model dan pendekatan baru dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis adalah model pembelajaran REACT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi literatur yang bertujuan untuk melakukan kajian yang berfokus pada penggunaan model pembelajaran REACT yang diduga dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa sekolah menengah. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Editing, Organizing, dan Finding. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik deduktif, induktif, dan komparatif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Langkah-langkah pembelajaran REACT yang tercermin dari akronimnya adalah sebagai berikut: (a) mengaitkan/menghubungkan (relating), (b) mengalami (experiencing), (c) menerapkan (applying), (d) bekerjasama (cooperating), dan (e) mentransfer (transferring), (2) Model pembelajaran REACT memeberikan pengaruh posistif terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa, artinya terjadi peningkatan kemapuan koneksi matematis melalui model pembelajaran REACT baik itu pada siswa SMP maupun siswa SMP (3) Terdapat pengaruh positif dalam model pembelajaran REACT terhadap kemampuan disposisi matematis, dimana kemapuan disposisi matematis melalui model pembelajaran REACT lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering), kemampuan koneksi matematis, kemampuan disposisi matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 03:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49522 |
Actions (login required)
View Item |