MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL GENIUS LEARNING.

〖Repi Pramuja Diansah, NPM : 168060026 (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL GENIUS LEARNING. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL TESIS FIX REPI 168060026.docx

Download (78kB)

Abstract

Abstrak: Pengembangan dalam pemilihan model pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa, termasuk kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa, serta membangun motivasi diri siswa. Diantara model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Genius Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa serta pengembangan motivasi belajar dengan model pembelajaran Genius Learning. Metode yang digunakan adalah metode penelitian campuran (Mixed Method) dengan kuasi eksperimen dan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel penelitian dipilih adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis masing-masing terdiri dari soal pretes dan postes serta angket motivasi belajar. Teknik analisis data meliputi 1) independent sample test untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis, 2) uji Mann-Whitney U untuk mendeskripsikan perbedaan kemamuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa serta motivasi belajar, 3) uji korelasi untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara variabel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya dengan model Genius Learning lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran konvensional. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman dengan pemecahan masalah matematis, tetapi tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman dengan motivasi belajar serta kemampuan pemecahan masalah matematis dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Kemampuan pemahaman, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar, model pembelajaran Genius Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:59
Last Modified: 19 Oct 2020 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49472

Actions (login required)

View Item View Item