ANALISIS PENGGUNAAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM GERAK (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur)

Yessy Kristiani, 165040010 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM GERAK (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (0B)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
abstrak sunda.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Analisis penggunaan wayang sebagai media pembelajaran pada materi sistem gerak pada manusia merupakan suatu inovasi yang menarik bagi pembelajaran untuk peserta didik. Selain itu media ini dapat melestarikan budaya Indonesia juga dapat memelihara kebudayaan tradisional. Wayang digunakan dalam menyimak cerita merupakan peran wayang sebagai media pembelajaran yang mengajarkan keterampilan (psikomotorik), selain itu mengajarkan sikap (afektif). Kemampuan berpikir kreatif akan memunculkan kreativitas sebagai hasilnya. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan suatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya yang nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis penggunaan wayang sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan berpikir kreatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literature, dimana peneliti peneliti mengumpulkan dan menelaah dari berbagai hasil literature tentang penggunaan media wayang sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan berpikir kreatif pada materi sistem gerak. Berdasarkan studi literatur didapatkan hasil bahwa penggunaan wayang sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan berpikir kreatif pada materi sistem gerak sangat baik untuk dijadikan pembelajaran. Kata kunci: Media Wayang, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2020 16:43
Last Modified: 17 Oct 2020 16:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49458

Actions (login required)

View Item View Item