PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV (Kuasi eksperimen kuantitatif di SD Negeri 2 Langensari kelas IV Kec. Lembang Kab. Bandung Barat)

RISA RISMAWATI, 155060088 (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV (Kuasi eksperimen kuantitatif di SD Negeri 2 Langensari kelas IV Kec. Lembang Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan Hasil Belajar pesera didik menggunakan Model Project Based Learning pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Langensari. Penelitian ini di latar belakangi dengan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan pada saat kegiatan pembelajaran serta keadaan peserta didik yang kurang aktif didalam pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik rendah dikarenakan Pendidik menggunakan metode ceramah, sedangkan dengan model pembelajaran Project Based Learning belum pernah dilaksanakan. Dengan menggunakan Model Project Based Learning dapat menjadikan siswa aktif, berpikir kritis, sistematis dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas Eksperimen menggunakan model Project Based Learning dan IVB sebagai kelas kontrol menggunakan model Ekspositoril. Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji Regresi linear sederhana, dan uji t dilakukan dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah terdapat Pengaruh hasil belajar dengan menggunakan Model Project Based Learning terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0.000 maka dapat disimpulkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 melalui regresi linier sederhana berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD. Kata kunci : Project Based Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Oct 2020 07:43
Last Modified: 17 Oct 2020 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49456

Actions (login required)

View Item View Item