DENDY VERDIANSYAH, 165040009 (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBING-PROMPTING LEARNING DENGAN MENGINTEGRASIKAN KEARIFAN LOKAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menganalisis informasi dari berbagai sumber mengenai kemampuan pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran probing prompting yang mengintegrasikan kearifan lokal. Menurut berbagai sumber, pemahaman konsep peserta didik masih dalam kategori rendah, hal tersebut dikarenakan pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru, bukan memanfaatkan potensi berpikir peserta didik. Kemampuan pemahaman konsep dapat ditingkatkan melalui pembejaran probing prompting, karena proses belajarnya membuat peserta didik mengkonstruksi sendiri konsepnya melalui proses probing dan prompting. Peningkatan aspek kognitif ini harus diiringi oleh aspek afektif dan psikomotor. Dalam upaya menumbuhkan, memperbaiki ataupun menguatkan nilai karakter peserta didik dapat melalui pengintegrasian kearifan lokal. Kearifan lokal dapat menumbuhkan karakter positif pada peserta didik yang akan berdampak pada perilaku konservasi lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan yang mengggunakan metode dokumentasi yaitu mengkaji dan menginterpretasi bahan tertulis. Penelitian ini menganalisis artikel penelitian yang membahas pemahaman konsep, pembelajaran probing prompting dan kearifan lokal. Data hasil penelitian ini kemudian diorganisir dan dibahas bagaimana artikel tersebut dapat menjawab pertanyaan peneitian yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis data, penggunaan pembelajaran probing prompting rata-rata meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik sebesar 10%. Hal tersebut juga diiringi pembentukan dan penguatan karakter melalui kearifan lokal yang diintegrasikan dalam pembelajaran. Karakter positif yang terbentuk meliputi religius, jujur, disiplin, teliti, konsisten, rajin, hati-hati, terbuka, bertanggung jawab, rasa ingin tahu, percaya diri, mandiri, peduli sosial, toleransi dan peduli lingkungan. Hubungan antara variabel pemahaman konsep, pembelajaran probing prompting dan integrasi kearifan lokal adalah sebagai komponen sebab akibat yang setap variabelnya mempunyai peran guna mendukung pembelajaran peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran probing prompting dengan mengintegrasikan kearifan lokal dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dan membentuk peserta didik yang berkarakter, literate dan sebagai agen konservasi. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Pembelajaran Probing Prompting, Integrasi Kearifan Lokal, Studi Kepustakaan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 07:53 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 07:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49164 |
Actions (login required)
View Item |