ANALISIS KETERBACAAN WACANA PADA BUKU TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS III SD SEMESTER 2 REVISI 2018 MENGGUNAKAN GRAFIK FRY

NENG SILVI NURAZIZAH, 165060142 (2020) ANALISIS KETERBACAAN WACANA PADA BUKU TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS III SD SEMESTER 2 REVISI 2018 MENGGUNAKAN GRAFIK FRY. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitan ini dilatar belakangi oleh keanekaragaman sumber belajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Khususnya penggunaan buku tematik kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud untuk sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keterbacaan wacana pada buku tematik 2013 kelas III SD semester 2 revisi 2018 guna mengetahui sesuai atau tidak sesuai dengan tingkatan kelasnya. Buku tematik yang ada di kelas III SD semester 2 terdiri dari Tema 5 Cuaca, Tema 6 Energi dan Perubahannya, Tema 7 Perkembangan Teknologi, dan Tema 8 Praja Muda Karana. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptip kualitatif. Data yang digunakan berupa teks wacana yang ada pada buku tematik kurikulum 2013 kelas III SD semester 2 revisi 2018 terbitan kemendikbud. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data, dimana sumber data menjadi acuan untuk pemetaan secara jelas agar hasil perhitungan dapat diukur dan ditentukan tingkat keterbacaannya menggunakan langkah-langkah grafik fry. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 12 sampel wacana sebagai data yang di analisis tingkat keterbacaannya dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat keterbacaan buku tematik kurikulum 2013 kelas III SD semester 2 revisi 2018 menggunakan grafik fry yang terdiri dari empat tema diperoleh hasil sebagai berikut: Buku Tematik Tema 5 Cuaca memperoleh hasil tingkat keterbacaan untuk kelas 5, 6, dan 7 sehingga kurang sesuai untuk peserta didik kelas III SD. Buku Tematik Tema 6 Energi dan Perubahannya tidak terbaca (invalid) sehingga tidak sesuai untuk peserta didik kelas III SD. Buku Tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi memperoleh tingkat keterbacaan untuk kelas 3, 4, dan 5 sehingga sesuai untuk peserta didik kelas III SD. Buku Tematik Tema 8 Praja Muda Karana tidak terbaca (invalid) sehingga tidak sesuai untuk peserta didik kelas III SD. Kata kunci: Keterbacaan, Wacana, Buku Tematik, Grafik Fry.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:22
Last Modified: 15 Oct 2020 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49161

Actions (login required)

View Item View Item