PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung)

WENDY WINARNO, 155060062 (2020) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER PROPOSAL.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN JADI (1).pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA (7).pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS (8).pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA (9).pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 SKRIPSI.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Aktivitas siswa merupakan suatu kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan adanya interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru yang melibatkan semua aspek yang ada di sekolah, mengharuskan siswa terlibat dalam pembelajaran agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang seharusnya siswa terima dalam belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Tikukur, SDN Tilil 1, SDN Langensari 1, SDN Cihaurgeulis 1 dan SDN Sukaluyu. Latar belakang penelitian ini yaitu pengaruh dari kompetensi guru yang kurang kompeten terhadap dari aktivitas dan hasil belajar yang kurang di perhatikan membuat hasil belajar menjadi kurang maksimal. Dan diambil dari rumusan masalah yaitu Adakah pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar setiap ulangan harian, Berapakah nilai rata-rata hasil ulangan siswa selama ini, Adakah pengaruh kompetensi guru terhadap aktivitas belajar siswa, Bagaimana aktivitas belajar siswa selama ini. Metode yang digunakan dalam penelitian Deskriptif Kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Berupa nilai ulangan harian siswa. Teknis analisis data yang di gunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa dilihat dari uji F nilai F hitung > F table atau 37,612 > 4,196 dan uji t t hitung > t table atau 6,404 > 2,048. Terdapat pengaruh antara kompetensi guru terhadap aktivitas siswa dilihat dari uji F nilai F hitung > table atau 41,016 > 4,196 dan uji t nilai t hitung > t table atau 82,705 > 2,048. Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi guru dan hasil belajar siswa sebesar 59,4% dan aktivitas siswa sebesar 57,3%. Kata Kunci: kompetensi Guru, Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Oct 2020 06:41
Last Modified: 13 Oct 2020 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49099

Actions (login required)

View Item View Item