PERANCANGAN KEAMANAN DATA CCTV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ISO / IEC 27001:2013 (STUDI KASUS : KANTOR ARSIP BANK BJB CABANG CIKAPUNDUNG)

Muhammad Fauzi Andriyanto, mhs and Doddy Ferdiansyah, DS and Iwan Kurniawan, DS (2020) PERANCANGAN KEAMANAN DATA CCTV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ISO / IEC 27001:2013 (STUDI KASUS : KANTOR ARSIP BANK BJB CABANG CIKAPUNDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Andriyanto_133040134_Teknik Informatika.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keamanan data pada saat ini menjadi hal yang sangat penting terutama terhadap organisasi yang menggunakan Teknologi Informasi sebagai pendukung proses bisnisnya. Kinerja Teknologi Informasi akan terganggu apabila keamanan data sebagai aspek penting dari keamanan informasi mengalami masalah terkait kerahasiaanya (confidentiality), keutuhannya (integrity), dan ketersediaanya (availability). Keamanan informasi merupakan suatu usaha untuk memberikan rasa aman terhadap informasi dari seluruh ancaman yang mungkin terjadi, sehingga dapat menjamin kelanjutan bisnis, serta memberikan keuntungan bagi organisasi (Riyanarto dan Irsyat, 2009). Penelitian ini dilakukan untuk dapat membantu mencegah dan mengurangi masalah keamanan data di Kantor Arsip Bank Bjb Cabang Cikapundung, sehingga dapat meminimalisir terjadinya ancaman atau risiko yang dapat membahayakan atau merugikan Kantor Arsip Bank Bjb Cabang Cikapundung. Penelitian dilakukan dengan melalukan studi literatur dan melakukan eksplorasi, serta memahami konsep-konsep keamanan informasi. Selanjutnya dilakukan analisis risiko yaitu untuk mengetahui seberapa besar risiko yang akan diterima oleh organisasi dan merancang rekomendasi keamanan data cctv di Kantor Arsip Bank Bjb Cabang Cikapundung yang di dalamnya memaparkan tentang mekanisme penanganan keamanan terhadap setiap ancaman yang akan mengakibatkan risiko di kemudian hari. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah rekomendasi keamanan data cctv di Kantor Arsip Bank Bjb Cabang Cikapundung dengan menggunakan pendekatan standar ISO/IEC 27001:2013. Kata Kunci : Keamanan Data CCTV, Keamanan Informasi, Teknologi Informasi, ISO/IEC 27001:2013.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Oct 2020 04:34
Last Modified: 10 Oct 2020 04:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49068

Actions (login required)

View Item View Item